Home
/
Digilife

TikTok Uji Fitur Baru yang Mirip Broadcast Channel Instagram

TikTok Uji Fitur Baru yang Mirip Broadcast Channel Instagram

Aisyah Banowati30 June 2025
Bagikan :

Uzone.id Makin mirip Instagram, TikTok tengah menguji coba fitur broadcast channel. Fitur ini memungkinkan kreator maupun brand untuk berbagi pesan langsung kepada pengikut mereka. 

Tak dapat dipungkiri jika fitur broadcast channel TikTok ini memang mirip dengan broadcast channel Instagram yang telah terlebih dahulu diluncurkan di tahun 2023. 

Sama seperti Instagram, hanya pembuat broadcast channel yang bisa mengirim pesan berupa teks, gambar, maupun video. Sementara itu, pengikut hanya dapat memberikan reaksi terhadap pesan tersebut dengan emoji.

Broadcast channel adalah cara baru bagi para kreator dan brand untuk terhubung lebih dekat dengan pengikut mereka. 

Melansir dari TechCrunch, ide utama TikTok dalam menghadirkan fitur ini adalah memungkinkan para kreator dan brand untuk berbagi informasi terbaru dan konten di balik layar secara lebih langsung.

Sama seperti papan buletin pribadi, daripada membagikan pembaharuan melalui Story atau unggahan biasa yang mungkin saja terlewat, kreator dan brand kini bisa mengirimkan pesan langsung ke pengikut mereka di broadcast channel.

Selain itu, ini juga bisa jadi cara efektif bagi kreator dan brand untuk mempromosikan konten sebab pesan akan langsung tiba kepada pengikut masing-masing.

Untuk saat ini, fitur broadcast channel masih dalam tahap uji coba. Beberapa penguji yang telah mendapat kesempatan untuk menguji fitur ini termasuk majalah People, Paris Saint-Germain FC, dan Jonas Brothers. 

Namun, belum diketahui secara pasti kapan broadcast channel akan dirilis dan tersedia untuk pengguna TikTok global. Di sisi lain, ada kemungkinan bahwa TikTok akan menambahkan lebih banyak fitur lain ke depannya.

Jika nantinya fitur broadcast channel benar-benar dirilis, ini bukan kali pertama TikTok menghadirkan fitur yang mirip dengan kepunyaan Instagram.

Sebelumnya, TikTok telah meluncurkan Stories yang mirip seperti fitur Stories milik Instagram di tahun 2022 kemarin. Keduanya sama-sama hanya bertahan selama 24 jam sebelum dihapus secara otomatis oleh sistem.

Untuk menonton Stories milik pengguna lain, pengguna TikTok hanya perlu mengklik gambar profil Stories dari akun pengguna lain yang ingin ditonton. Cara ini sama seperti menonton Stories di Instagram.

Di tahun yang sama, TikTok juga memperkenalkan alat penyuntingan baru untuk memberi pengguna kebebasan kreatif dalam konten mereka. Alat tersebut memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan klip, suara, gambar, dan teks dengan mudah.

Pada dasarnya, mengedit dan mengunggah video di TikTok sudah mudah. Tapi, kehadiran alat-alat baru tersebut semakin memudahkan para kreator untuk bereksperimen dengan konten mereka.


populerRelated Article
ad