Home
/
Automotive

Makin Banyak Mobil China di Indonesia, Ini Respons Toyota

Makin Banyak Mobil China di Indonesia, Ini Respons Toyota
Brian Priambudi27 August 2023
Bagikan :

Uzone.id - Merek mobil asal China kini mulai ramai di Indonesia, selain Wuling, DFSK, dan Chery, kini terdapat beberapa pemain baru lagi. Lantas apakah hal ini menjadi ancaman bagi pabrikan mobil Jepang?

Saat ini terdapat enam merek dari China yang hadir di Indonesia, di antaranya Wuling, DFSK, Chery, Maxus, Great Wall Motor, dan NETA.

Toyota sebagai pemimpin pasar industri otomotif roda empat di Indonesia pun tidak meremehkan pendatang baru dari China. Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor pun buka suara terkait hal tersebut.

"Saya rasa dengan banyak brand baru daya tarik baru animo masyarakat seperti pameran ini semakin ramai. Jadi kita berharap akan meningkatkan market, market naik, kemudian industri otomotif Indonesia juga akan naik, lokalisasi juga naik," ujar Anton belum lama ini.

Preview

Bahkan Anton menyebutkan dengan hadirnya merek-merek mobil baru, juga dapat membantu Toyota. Meskipun dirinya meyakini terdapat ancaman dari segi kompetisi dagang.

"Di satu sisi memang betul kompetisi itu ada semacam ancaman buat kita tapi lebih banyak sisi positifnya dari sisi market dan industrinya. Jadi diharapkan dengan market naik, jualan bisa naik. Industri ekosistem dari elektrifikasi semakin banyak juga membantu Toyota juga," ungkapnya.

Di sisi lain, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, menilai kehadiran merek baru merupakan kabar bagus untuk masyarakat karena lebih banyak pilihan.

"Itu suatu hal yang positif masyarakat mendapatkan pilihan lebih banyak untuk bisa menentukan model-model mana yang mereka pilih," ujar Nangoi dalam kesempatan terpisah.

Di mata industri, kepemilikan mobil di pasar otomotif Indonesia terbilang masih rendah. Hal ini yang membuat pabrikan baru tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Ditambah dengan ekonomi Indonesia yang membaik, sehingga daya beli masyarakat pun cukup kuat.

Menurut Nangoi, masuknya merek-merek mobil baru ke Indonesia menjadi bukti potensi besar bagi industri. Merek baru yang ramai datang ke Tanah Air bisa menstimulasi penjualan mobil.

Sebagai tambahan informasi, di GIIAS 2023 kemarin, Maxus meluncurkan mobil unggulannya yakni MIFA 9 yang merupakan mobil listrik MPV Premium sekelas Alphard.

Kemudian NETA menghadirkan SUV Kompak bernama NETA V dan mobil sedan NETA S. Kedua produk tersebut langsung dapat dipesan oleh konsumen Indonesia.

Sementara Great Wall Motors mengenalkan tiga lini produk mereka yakni Haval, Ora, dan Tank. Ketiga merek dari Great Wall Motors tersebut memiliki spesialisasi tersendiri, seperti Haval sebuah SUV sporty, Ora merupakan mobil listrik perkotaan, sementara Tank adalah mobil SUV jelajah.

populerRelated Article