Health

Ini Waktu Mandi yang Tepat Disarankan Para Ahli!  

Ini Waktu Mandi yang Tepat Disarankan Para Ahli!  

Hingga saat ini masih diperdebatkan pertanyaan lebih baik mana mandi di pagi atau sore hari? Menurut ahli waxing, dianjurkan mandi terlebih dahulu agar pori-pori kulit rileks guna mengurangi rasa sakit selama proses ini berlangsung. Namun, kebanyakan pekerja memilih mengakhiri harinya dengan mandi air hangat agar tidur malam lebih nyenyak. Mana yang benar?

Pilihan yang paling benar jatuh pada mandi di sore hari. Mandi di pagi hari tentu tidak dilarang, tapi sebelum naik ke tempat tidur, pastikan debu dan kotoran yang menempel di badan Anda setelah beraktivitas seharian penuh telah hilang.

“Lebih suka mandi di pagi hari? Lakukan saja. Namun, pastikan juga untuk mandi di sore hari. Sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh sebelum tidur,” ujar Nancy Rothstein menjelaskan kepada Fox News.

Bahkan bagi Anda yang mengenakan sandal dalam ruangan juga wajib mencuci kaki sebelum naik ke atas tempat tidur. Mandi di pagi dan sore hari memiliki keuntungan masing-masing.

“Mandi di pagi hari memberikan Anda sedikit waktu untuk bermeditasi, mengumpulkan tenaga sebelum berkutat pada aktivitas harian yang sangat padat. Mandi di pagi hari juga dapat mengurangi inflamasi kulit dengan cara meningkatkan hormon cortisol capped,” kata seorang profesor di Sekolah Kedokteran Yale, Mona Gohara.

Jika Anda harus melakukan waxing, lakukan di pagi hari untuk menghindari kecerobohan seperti teriris. Kulit akan terlihat jauh lebih segar setelah melakukan rutinitas di pagi hari, misalnya bercukur. Gohara juga menambahkan, “Tujuan utama mandi pagi untuk menghindari paparan radikal bebas, sinar UV, dan kotoran lain yang langsung menyerang sesaat kita melangkahkan kaki ke luar rumah.”

"Gunakan air hangat. Mandi dengan air hangat di pagi hari membuat kulit Anda terlihat lebih segar. Namun, jika airnya terlalu panas, justru membuat kulit terlihat kusam, terutama bagi jenis kulit kering dan sensitif,” ucap pendiri Skin Laundry, Yes Rein.

Terlepas dari itu, tidak sedikit pula peneliti yang mengemukakan keuntungan mandi di sore hari. Sangat penting untuk menghapus semua makeup yang digunakan saat bekerja di pagi hari, minyak dan segala jenis kotoran yang menempel selama melakukan aktivitas di pagi hari.

“Anda harus tidur dalam keadaan bersih. Bukankah seharian penuh Anda sudah berkutat dengan berbagai jenis kotoran? Mengapa Anda ingin tidur dengan keadaan seperti itu juga?” tanya Rothstein.

Dia menambahkan, “Mandi di sore atau malam hari setelah beraktivitas masuk ke kategori mempersiapkan diri Anda untuk melakukan rutinitas tidur. Malam hari sudah waktunya Anda menjauhkan diri dari ponsel, tidak peduli banyaknya pesan yang masuk, cukup air hangat yang membasuh tubuh Anda. Anggap saja itu sebagai ritual sebelum tidur. Tidur berkualitas di malam hari akan berdampak baik pada rambut dan kulit Anda.”

Terakhir, Dr Gohara menyampaikan bahwa, “Jika Anda bersikeras untuk mandi di pagi hari, pastikan juga mandi di malam hari. Tidak peduli aktivitas apa yang Anda lakukan, bahkan aktivitas sepele pun dapat membuat kotoran menempel pada tubuh sehingga membuat kulit kering bahkan lebih parah lagi.”

Untuk kulit yang lebih segar, pastikan untuk mandi dua kali sehari, pagi dan sore serta tidur yang cukup di malam hari.

INDEPENDENT UK | ESKANISA RAMADIANI

Berita Terkait:

Bakar Lemak dengan Cara Mandi ini

5 Alat Mandi yang Sebaiknya Tak Disimpan di Kamar...

Menurut Pakar Mandi Sebelum Tidur Baik buat Tubuh

Mandi Malam-malam Bikin Tidur Lebih Lelap

Berita Terkait:

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top